Amalan Doa Malam Lailatul Qadar Arab Dan Artinya

Malam lailatul qadar adalah waktu istimewa yang hanya ada pada bulan ramadhan, setiap muslim mengharapkan bisa bertemu dengan malam tersebut, akan tetapi keberadaannya dirahasiahkan. Malam lailatul qadar lebih utama di banding dengan seribu malam, setiap amalan dilipatgandakan pahalanya dengan segala permohonan bisa cepat terkabul.

Tidak semua orang bisa menggapai malam lailatul qadar, bahkan tidak ada yang tahu secara pasti kapan datangnya malam lailatul qadar. Adapun malam mulia ini akan bisa di rasakan, hanya oleh orang-orang yang beruntung yaitu mereka-mereka yang selalu bermunajat kepada allah swt, setiap hari dan malam, baik dengan cara rutin sholat malam atau memanjatkan doa malam lailayul qadar dan yang lainnya.

Kapan malam lailatul qadar datang?, rasulullah saw pun tidak pernah secara peasti menjelaskan atau memberi tahu kapan malam lailatul qadar terjadi, bahkan para ulama pun banyak berbeda pendapat mengenai terjadinya malam lailatul qadar ini. Tujuan malam lailatul qadar di rahasiahkan, tentunya agar umat islam terus selalu beribadah dan semakin mendekatkan diri kepada sang maha kuasa.

Doa Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul qadar ini, selain menjadi malam istimewa yang tidak ada bandingannya dengan malam-malam pada bulan lain, juga malam lailatul qadar ini menjadi keitimewaan dan kemuliaan bulan ramadhan, sehingga keagungan bulan ramadhan nampak lebih sempurna dengan hadirnya malam lailatul qadar.

Meskipun malam lailatul qadar ini di rahasiakan oleh allah swt, akan tetapi Nabi muhammad saw mengisyaratkan bahwa malam lailatul qadar ini terjadi pada sepuluh hari terakhir bulan ramadhan, sehingga pada malam sepuluh terakhir tersebut, beliau semakin memperbanyak ibadah dan amal saleh, dan beliau juga membangunkan keluarganya untuk beribadah pada malam-malam tersebut.

Adapun para ulama banyak berpendapat bahwa malam lailatul qadar ini sering terjadi pada sepuluh hari akhir bulan ramadhan dan tanggal-tanggal ganjil, akan tetapi bukan berarti malam lailatul qadar tidak terjadi sebelum sepuluh akhir ramadhan dan tanggal genap. Maka dari itu teruslah perbanyak ibadah dan berdoa selama bulan ramadhan agar di pertemukan dengan lailatul qadar.

Jika malam lailatul qadar tiba apa yang harus di bacakan, dalam hal ini ada sebuah riwayat hadits yang isinya kurang lebih seperti ini. "Aisyah RA pernah bertanya kepada baginda rasul, Wahai rasulullah andaikan aku bertemu dengan malam lailatul qadar, doa apa yang harus aku baca? Rasul Menjawab Allâhumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annî,’". (HR. Ibnu Majah)

Doa Malam Lailatul Qadar

اِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allâhumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annî

Artinya : Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai orang yang minta ampunan. Karenanya ampunilah aku

Selain di anjurkan sebagai doa lailatul qadar akan tetapi doa ini juga sangat baik jika di amalkan kapan saja, terutama setiap malam selama bulan ramadhan, mengingat malam lailatul qadar sendiri tidak ada yang mengetahui kapan terjadinya. Semoga saja dengan membacanya setiap malam, dapat di pertemukan dengan malam lailatul qadar.

Saat ini kita semua muslim sedang berada pada bulan ramadhan, selain di wajibkan untuk berpuasa di siang hari dan beramal saleh, juga di anjurkan untuk lebih memperbanyak ibanyak ibadah pada malam harinya terutama shalat tarawih, tahajud dan witir. Semoga kita semua termasuk orang beruntung yang bisa bertemu dengan malam lailatul qadar.