Tata Cara Bacaan Niat Sholat Subuh Sendiri Dan Berjamaah Lengkap

Tata Cara Bacaan Niat Sholat Subuh Sendiri Dan Berjamaah Lengkap - Satu di antara sholat fardhu lima waktu dalam sehari semalam yang di laksanakan oleh umat islam setiap hari, salah satunya adalah sholat subuh. Jumlah rakaatnya paling sedikit di banding dengan ke empat sholat lainnya yaitu cuma dua rakaat saja, tetapi termasuk sholat yang paling berat.

Dikatakan sholat paling berat karena pelaksanaan sholat subuh ini, di waktu orang-orang masih dalam situasi tidur lelap. Bagi orang yang kurang beriman, maka melaksanakan sholat subuh menjadi tantangan khusus yang benar-benar butuh perjuangan keras untuk bisa menunaikannya.

Bahkan tidak dapat di pungkiri juga, banyak sekali umat muslim yang sering kesiangan melaksanakan sholat subuh, diantaranya juga ada yang sampai berani meninggalkannya karena tidak mau bangun dari tidur. Namun keluar dari semua itu, bahwa sholat subuh adalah kewajiban yang harus di tunaikan oleh setiap umat muslim seluruhnya.

Tata Cara Bacaan Niat Sholat Subuh Sendiri Dan Berjamaah Lengkap

Tata Cara Sholat Subuh

Untuk tata cara pelaksanaan sholat subuh yaitu di kerjakan sebanyak 2 rakaat satu kali salam dan tidak ada tahiyat awal. Untuk gerakan dan bacaannya sama seperti sholat pada umumnya, yaitu di mulai dengan Niat sholat subuh ketika takbiratul ihram dan di akhiri salam, bagi yang berjamaah menjadi makmum berniat sebagai makmum, jika sendiri berniat sholat sendiri.

Pada sholat subuh juga di sunnahkan untuk membaca doa qunut, pelaksanaan qunut ini yaitu pada waktu setelah membaca doa 'itidal rakaat kedua. Ketika sesudah ruku pada rakaat kedua dilanjut bangun dan membaca doa 'itidal kemudian di lanjut membaca doa qunut subuh, setelah selesai qunut lalu ruku dan selanjutnya dituskan pada gerakan lain sampai salam.

Waktu Sholat Subuh

Untuk mengetahui waktu sholat subuh, ada baiknya setiap orang yang jauh dari pengeras suara, atau tidak terjangkau dengan suara adzan di masjid atau sedang dalam perjalanan, untuk memiliki jadwal sholat, saat ini banyak sekali di sebarkan secara online yang bisa di ketahui melalui perangkat android karena waktu sholat tiap kota berbeda-beda waktunya.

namun yang lebih pastinya bahwa untuk awal waktu sholat subuh yaitu sejak terbitnya fajar shadiq dan berakhir saat terbitnya matahari. Namun sayangnya kita semua tidak memahami ilmu tersebut, kebanyakan tidak tahu yang bagaimana fajar shadiq tersebut, maka caranya dengan mengikuti lembaga resmi MUI atau organisasi islam seperti NU yang biasanya mengeluarkan jadwal sholat lengkap.

Niat Sholat Subuh Sendiri

اُصَلِّىْ فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Niat sholat Subuh latin: Ushalli fardhas shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati ada’an ma’muman lillahi ta’ala.

Artinya, “Saya niat shalat fardhu subuh dua rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah Swt.”

Niat Sholat Subuh Menjadi Makmum

اُصَلِّىْ فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً  مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Niat sholat Subuh latin: Ushalli fardhas shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati ada’an ma’muma lillahi ta’ala.

Artinya, “Saya niat shalat fardhu subuh dua rakaat dengan menghadap kiblat dalam keadaan ada’ menjadi makmum karena Allah Swt.”

Niat Sholat Subuh Menjadi Imam

اُصَلِّىْ فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً ِمَامًا لِلهِ تَعَالَى

Niat sholat Subuh latin: Ushalli fardhas shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati ada’an imaaman lillahi ta’ala.

Artinya, “Saya niat shalat fardhu subuh dua rakaat dengan menghadap kiblat dalam keadaan ada’ menjadi imam karena Allah Swt.”

Kutamaan Sholat Subuh

Sebagai salah satu ibadah wajib yang tidak boleh di tinggalkan meski dalam keadaan sakit, sholat subuh ternyata memiliki keutamaan yang banyak sekali baik itu berhubungan dengan kesehatan tubuh secara dohir atau berupa pahala yang luar biasa tingginya di banding dengan ibadah lainnya.

Jika di lihat dari sisi kesehatan, sholat subuh sangat baik sekali karena secara tidak langsung, di waktu pagi kita sudah di anjurkan untuk membersihkan badan yaitu dengan wudhu lebih baik juga jika mendi sebelum wudhu, setalh itu dilanjut dengan menggerakan badan yaitu pelaksanaan sholat, otomatis tubuh pun akan lebih terasa segar.

Ada banyak sekali riwayat hadits yang menyebutkan tentang keutamaan sholat subuh subuh ini, beberapa di antaranya ada yang menyebutkan bahwa sholat subuh ini bisa menjadi penghalang dari api neraka, sholat subuh juga menjadi jaminan masuk surga dan akan selalu di kasihi oleh allah swt dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah pembahasan mengenai niat sholat subuh secara lengkap, semoga kita semua tidak termasuk orang-orang yang munafik yang selalu ingkar terhadap kewajiban allah swt seperti meninggalkan sholat subuh. Mari bangun subuh dan laksanakan kewajiban, subuh berjamaah.