Bacaan Niat Doa Buka Puasa Sunnah Senin Kamis Dan Manfaatnya

Niat Puasa Senin Kamis - Puasa masuk dalam salah satu kategori rukun islam nomor ke empat, wajib di penuhi oleh setiap umat muslim yang baligh, berakal serta mampu mengerjakannya. Pada dasarnya hukum berpuasa tidak hanya wajib saja akan tetapi dalam hal puasa para ulama ahli fiqih membagi menjadi 4 hukum yaitu wajib, sunnah, makruh dan haram.

Puasa wajib adalah puasa yang harus di kerjakan, apabila tidak maka dosa baginya. Adapun yang masuk dalam kategori wajib di antaranya puasa ramadhan, qadha, puasa kifarat/kafarat contoh karena pembunuhan atau berhubungan siang hari pada bulan ramadhan, puasa pada ibadah haji dan umrah, puasa minta hijan dan puasa kafarat dzihar.

Puasa Sunnah adalah puasa yang pernah di lakukan baginda nabi saw selain wajib, apabila dikerjakan maka bisa berpahala dan jika tidak, tak berdosa. Ada banyak sekali jenis puasa sunnah, baik dikerjakan satu tahun sekali misalnya puasa asyura dan arafah, sebulan sekali seperti puasa ayyamul bidh serta puasa mingguan seperti puasa senin kamis dan yang lainnya.

Bacaan Niat Doa Buka Puasa Sunnah Senin Kamis Dan Manfaatnya

Puasa makruh adalah yang menghusus hari jum'at, sabtu dan minggu untuk berpuasa, alasannya karena jumat hari raya umat muslim, sabtu masuk hari raya umat yahudi dan minggu merupakan hari raya bagi kaum nasrani. Berpuasa dengan mengkhususkan pada ketiga hari tersebut, para ulama fikih memberi kedudukan hukum makruh.

Sedangkan untuk puasa haram sendiri dibagi menjadi dua bagian, pertama puasa yang haram akan tetapi puasa tersebut sah contoh seorang istri berpuasa tanp[a izin suami. Kedua haram dan tidak sah puasanya yaitu pada kedua hari raya idul fitri dan idul adha, hari tasyriq, separuh akhir bulan sya'ban dan pada hari yang di ragukan.

Puasa senin kami merupakan salah satu puasa sunnah yang di cintai atau di sukai baginda nabi saw, bahkan beliau rutin dan seolah tidak pernah meninggalkannya. Dalam banyak hadits di jelaskan tentang mengapa beliau selalu mengerjakan puasa pada hari senin dan kamis salah satu karena senin hari kelahiran dan kerasulan nabi serta senin kamis menjadi hari diperlihatkannya amal.

قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الِاثْنَيْنِ قَالَ ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَيَّ فِيهِ

"Dari Qatadah Al-Anshari RA, Rasulullah ketika ditanya tentang puasa hari Senin mengatakan, ‘Itu (hari Senin) adalah hari kelahiranku, hari kerasulanku atau hari penurunan wahyu kepadaku." (HR Muslim).

وقَالَ ‏ تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ ‏

Rasulullah SAW bersabda, “Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa.” (HR Turmudzi dan selainnya).

Setidaknya kedua hadits ini juga, bisa menjadi catatan penting bagi umat baginda nabi pada zaman sekarang untuk selalu mengamalkan sunnah puasa senin kamis secara terus menerus atau istiqomah. Selain akan menjadi jalan mendapat keberkahan hidup di dunia juga mendapat ridha allah swt dengan tidak meninggalkan apa yang telah nabi ajarkan.

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Pada dasarnya semua puasa sunnah memiliki keutamaan-keutamaan tersendiri serta memiliki alasan mengapa baginda nabi saw melaksanakannya, seperti puasa arafah untuk orang yang tidak berhaji betujuan agar bisa merasakan nikmat orang yang beribadah haji begitu juga puasa Asyura 10 muharram yang memiliki kautamaan pahala luar biasa.

Sedangkan untuk puasa senin kamis, sebagaimana yang tercantum dalam kedua hadits di atas bahwa selain senin menjadi hari kelahiran, turunnya wahyu, kerasulan baginda nabi saw. hari senin dan kamis juga menjadi saat segala amal di perlihatkan kepada allah swt sang maha pencipta. Beliau nabi ingin ketika amalnya diperlihatkan berliau berada dalam keadaan puasa.

Sebagai umatnya yang telah besaksi bahwa tidak ada tuhan selain allah dan muhammad adalah utusannya serta meyakini bahwa beliau kekasih allah, harus sangat malu jika tidak mengikuti apa yang telah di ajarkan dan dicontohkan nabi semasa hidupnya, sebab apa yang di lakukan dan di ucapkannya adalah kebenaran yang harus di ikuti oleh umatnya.

Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Pria Dan Wanita

Jika berbicara tentang manfaaat tentunya berhubungan dengan suatu kebaikan, baik itu bagi kehidupan pria atau wanita, apakah berkaitan dengan jodoh, kesehatan atau bahkan karir. Lebih jauhnya lagi manfaat tersebut harus bisa menjamin kebahagiaan dunia dan kehidupan akhirat nanti setelah kematian.

Pada puasa sunnah hari senin dan kamis jika dilaksanakan secara istiqomah maka tidak hanya sebatas bisa terpenuhi apa yang di sebut dengan kebahagiaan dunia tetapi juga akhirat. Sebab selain mengajarkan hidup yang baik tetapi juga sebagai amal ibdah yang berpahala, dimana nanti pahala tersebut akan bisa di raih setelah mati.

1. Mendapatkan Jodoh Yang Baik (Sholeh/Sholehah)

Setiap orang pasti ingin mendapatkan pasangan yang serasi, saling mengerti dan baik, namun bagi seorang muslim tidak hanya sebatas itu saja akan tetapi harus bisa mendapatkan jodoh yang sholeh atau sholehah. Tingkatan sholeh tersebut salah satunya bisa di lihat dari taat atau tidaknya dalam melakasanakan misalnya dalam menjalankan puasa sunnah senin kamis.

Jika seorang pria sholeh dimana keshalihannya tersebut di dapat lantaran dia suka melaksanakan puasa senin kamis, maka besar kemungkinan akan mendapatkan jodoh yang sholehah yang sama-sama rajin berpuasa sunnah, begitu juga sebaliknya bagi wanita. Mengapa puasa senin kamis di jadikan tolak ukur kebaikan?.

Jawabannya karena puasa senin kamis ini lebih sering di lakukan yaitu seminggu 2 kali, jika seseorang sudah mampu rutin melakukan puasa pada hari senin dan hari kamis maka puasa sunnah lainnnya seperti arafah tarwiyah atau amalan sunnah lain tidak mungkin dia lewatkan.

2 Sarana Untuk Membersihkan Catatan Amal

Sudah menjadi tabiat setiap manusia tidak luput dari yang namanya salah dan dosa entah yang disadari atau tidak, akan tetapi seburuk apapun, selama manusia hidup didunia, masih diberi kesempatan untuk memperbaiki dan melebur dosa-dosanya.

Dalam beberapa keterangan hadits seperti yang tercantum di atas bahwa nabi saw mencontohkan puasa senin kamis, dimana pada kedua hari tersebut menjadi saat semua amal di perlihatkan. Semoga dengan mencontoh sunnah nabi ini, dosa-dosa yang pernah dilakukan sedikit demi sedikit mendapatkan ampunan.

3. Mengontrol Syahwat (Nafsu)

Baik itu puasa senin kamis atau puasa lainnya, memiliki manfaat sebagai pengontrol syahwat yang selalu bergejolak pada setiap diri manusia, apalagi dalam jiwa-jiwa anak muda yang belum menikah. Dengan berpuasa maka dosa yang ditimbulkan dari syahwat tersebut dapat di meminimalisir atau di kontrol dengan baik.

Dalam sebuah hadits di jelaskan :

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ قَالَ دَخَلْتُ مَعَ عَلْقَمَةَ وَالْأَسْوَدِ عَلَى عَبْدِ اللَّهِ فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ كُنَّا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَبَابًا لَا نَجِدُ شَيْئًا فَقَالَ لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنْ اسْتَطَاعَ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ. رواه البخاري

“Dari Abdurrahman bin Yazid, ia berkata, “Aku bersama ‘Alqamah dan Aswad menemui Abdullah (bin Mas’ud), lalu Abdullah berkata, “Kami ketika masih muda pernah bersama dengan Nabi saw., lalu beliau bersabda kepada kami, “Wahai golongan pemuda, siapa yang mampu menikah, maka menikahlah, karena sungguh hal itu lebih dapat menundukkan pandangan dan lebih dapat menjaga kemaluan, dan siapa yang tidak mampu (menikah) maka hendaklah ia berpuasa, karena itulah pengendali baginya.” (HR. Bukhari)

4. Belajar Hidup Sehat

Niat Puasa Senin Kamis - Puasa tidak hanya bermanfaat untuk melatih keimanan, mengejar ridha allah swt atau memperbaiki amal kebaikan. Akan tetapi puasa juga memiliki nilai positif bagi tubuh, banyak para ahli kesehatan yang menyebutkan bahwa puasa bisa menjadi sarana untuk belajar hidup sehat.

Mambaca dari beberapa sumber artikel ternyata ada banyak sekali manfaat dari puasa seperti meningkatkan fungsi otak, membantu mencegah kanker, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan hormon pertumbuhan, detoksifikasi tubuh, membantu regenerasi sel, mengontrol gula darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan serta bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Perihal tata cara puasa senin kamis sebenarnya tidak ada perbedaan dengan puasa pada umumnya baik wajib atau sunnah, yaitu membacakan atau berniat di malam hari kemudian di sunnahkan makan sahur lalu melakukan puasa sejak terbitnya fajar kedua yang di tandai waktu subuh, namun di anjurkan untuk berhenti melakukan aktivitas pembatalan puasa mulai sejak waktu imsak.

Di siangharinya orang yang berpuasa di wajibkan untuk menghindari atau tidak melakukah hal-hal yang membatalkan puasa seperti makan, minum, berhubungan suami dan istri dan yang lainnya. Jika Waktu maghrib sudah tiba di sunnahkan untuk segera melakukan buka puasa serta di sunnahkan dalam berbuka membaca doa buka puasa terlebih dahulu dan dimulai dengan amakanan manis.

Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan lillahi taaalaa

Artinya: “Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Taala”

Niat Puasa kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatan lillaahi taaalaa

Artinya: “Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Taala.”

Doa Berbuka Puasa

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى 

Allâhumma laka shumtu wa ‘alâ rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘urûqu wa tsabatal ajru insyâ-allâh ta‘âlâ 

Artinya, “Ya Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.”

Untuk waktu pembacaan niat puasa sunnah, jika ludimalam hari maka boleh siang hari dengan catatan belum melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa misalnya makan atau minum dan yang lainnya. Berbeda dengan puasa wajib seperti ramadhan atau qadha, niat harus di malam hari.

Pusa senin kamis memiliki keutamaan yang sangat luar biasa, baik dari sisi amal atau kesehatan. Maka dari itu bagi yang masih putus-putus melaksanakannya, mulai dari sekarang mari rutih untuk menjalankannya, dan silahkan pahami tulisan ini mengenai bacaan niat puasa senin kamis dengan benar, ketahui manfaat dan keutamaannya, semoga bermanfaat.