Bacaan Doa Niat Puasa Bulan Ramadhan Yang Benar Dan Artinya Sebulan Penuh

Niat Puasa Ramadhan - Puasa termasuk amalan ibadah yang memiliki keunggulan tersendiri dibanding dengan yang lainnya, puasa ini manfaatnya tidak hanya berhubungan dengan allah swt tetapi juga meliputi diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Berpuasa menandakan ketaatan seorang hamba kepada tuhannya dalam melaksanakan perintah-perintah yang sudah di syariatkan, puasa juga bisa sebagai saran melatih diri untuk sabar dan rendah hati, saling menghormati antar sesama dan saling membantu.

Banyak sekali jenis puasa dalam agama islam seperti puasa sunnah misalnya senin kamis, arafah tarwiyah, daud, asyura, ayyamul bidh dan yang lainnya. Juga puasa wajib mislnya yang dilakukan selama bulan ramadhan, puasa qadha dan nazar. Sedangkan untuk pembahasan kali ini akan lebih fokus pada puasa wajib ramadhan karena sangat penting sekali untuk di pahami agar bisa melakukannya dengan baik dan benar sehingga puasanya bernilai ibadah tidak hanya sebatas menghasilkan haus dan lapar saja.

Niat menjadi salah satu rukun dalam setiap ibadah termasuk puasa, dalam berpuasa niat harus di hadirkan/diucapkan dalam hati pada malam hari, namun bagi puasa sunnah ada kemurahan bisa berniat disiang hari selama belum melakukan hal-hal yang kiranya membatalkan puasa. Dikarenakan puasa ramadhan ini termasuk ibadah wajib maka niat puasa ramadhan harus dilakukan setiap malam hari, boleh setelah isya atau sebelum tidur atau boleh juga sebelum sahur, karena waktu akhir membacakan niat puasa wajib yaitu sebelum tiba fajar yang di tandai dengan waktu subuh.

Tulisan Doa Niat Puasa Bulan Ramadhan Yang Benar Dan Artinya

Bagaimana jika seseorang lupa niat puasa ramadhan di malam hari? Dalam madzhab Syafi'i jika lupa berniat puasa wajib di malam hari maka tidak sah puasanya dan wajib qadha dihari lain, serta di siangharinya wajib seperti orang berpuasa. Adapun jika menurut pandangan madzhab hanafi jika niat lupa malam hari boleh di pagi hari, akan tetapi jika ingin menggunakan pemahaman madzhab hanafi harus tahu ilmunya karena jika mencapur adukan madzhab bisa merusak ibadah.

Niat Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى 

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i fardhi syahri Ramadhâni hâdzihis sanati lillâhi ta’âla.

“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.”

Ada banyak alasan kenapa lupa berniat puasa dimalam hari, entah itu karena memang sudah tabiat manusia suka ada lupa atau pikirannya tidak fokus. Akan hal yang paling umum dan banyak di ditemukan ternyata kebanyak orang yang lupa membacakan niat dimalam hari yaitu jika tidak melakukan shalat tarawih yang merupakan shalat sunnah bulan ramadhan. Sebab apa bila dia tarawih apalagi berjamaan di masjid, tentunya kan selalu ingat bahwa besok akan melakukan puasa.

Insyaallah pembahasan tentang tulisan doa niat puasa ramadhan yang benar dan artinya akan bermanfaat bagi para pembaca semua dan sekarang bisa mengetahui akan pentingnya niat dalam berpuasa. Marhaban Ya Ramadhan, semoga seluruh amal kebaikan di bulan ini senantiasa di terima allah swt.