Tata Cara Niat Doa Shalat Sunnah Mutlak Bulan Rajab Dan Waktunya

Shalat Bulan Rajab - Tercatat ada 12 bulan dalam kalender hijriyah yang di jadikan ketentuan penanggalan bagi umat islam. Dari kedua belas tersebut ada 4 bulan yang di muliakan yaitu rajab, muharram, dzulqadah, dan dzulhijjah. Ketika ke empat bulan ini datang, di larang untuk berbuat zalim.

Ketika memasuki bulan rajab, umat islam lebih di tekankan untuk menyambutnya dengan cara memperbanyak amalan-amalan sunnah, ada banyak sekali jenis amalan yang bisa di lakukan seperti  puasa bulan rajab atau sholat sunnah, berdzikir, bershalawat, memperbanyak istighfar, bershadaqah dan masih banyak yang lainnya.

Bulan rajab sendiri berada pada urutan ketujuh dalam kalender hijriyah yang hanya terpaut satu belan dengan ramadhan yaitu sya'ban. Shingga wajar apabila banyak para ulama yang menganjurkan untuk meningkatkan amalaan-amalan pada bulan rajab, guna mempersiapkan diri memasuki bulan ramadhan.


Tata Cara Niat Doa Shalat Sunnah Mutlak Bulan Rajab Dan Waktunya

Terkait shalat sunnah mutlak bulan rajab, Imam Al-Ghazali mencatat dalam kitab Ihya Ulumiddin tentang shalat tersebut yang biasa dilakukan oleh orang saleh di masanya. Beliau menjelaskan, barang siapa yang berpuasa di hari kamis bulan rajab, kemudian sholat sunnah 12 rakaat di antara waktu shalat Isya dan sepertiga malam, maka permohonan doanya akan di kabulkan.

Tata Cara Sholat Sunnah Mutlak Bulan Rajab

Dalam pelaksanaannya, shalat sunnah ini tidak jauh berbeda dengan shalat pada umumnya yaitu setiap dua rakaat satu kali salam. Apabila dilakukan 12 rakaat, maka jumlah salamnya enak kali saja. Dalam tata cara shalat dua rakaat, pastinya semua sudah pada tahu, bagaimana peraktiknya.

Lanjut dalam tata cara sholat bulan rajab, setelah membaca Surat Al Fatihah di anjukan membaca Surat Al-Qadar sebanyak 3x dan Al-Ikhlas sebanyak 12x, untuk setiap rakaat. Sedangkan untuk bacaan lainnya, tidak ada perbedaan dengan shalat yang biasa di lakukan hingga salam. adapun untuk niatnya, sebagai berikut.

أُصَلِّيْ سُنَّةً رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Ushallî sunnatan rak’ataini lillâhi ta’âla

Artinya, “Saya niat shalat sunnah dua rakaat karena Allah ta’ala.”

Wirid Atau Dzikir Setelah Sholat

Apabila shalat tersebut seudah selesai di lakukan 12 rakaat, selanjutnya di anjurkan untuk mengamalkan beberapa wirid Seperti.

1. Membaca Sholawat Sebanyak 70x

"allahumma shalli ‘ala Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi"

2. Sujud Sambil Membaca

"Subbuhun quddusun rabbul malaikati war ruh" Sebanyak 70x.

3. Duduklah sejenak Sambil Membaca

"Rabbighfir warham wa tajawaz ‘amma ta’lam innaka antal a’azzul akram" Sebanyak 70x

4. Kembali Sujud Sambil Membaca

"Subbuhun quddusun rabbul malaikati war ruh" Sebanyak 70x.

5. Setelah selesai ditutup dengan memohon kepada allah atas hajat yang di inginkan.

Menanggapi sholat mutlak bulan rajab seperti yang di lakukan di atas, Imam Al Ghazali menganggap mustahabbah (sunnah) serta biasa di kerjakan oleh masyarakat kota Al-Quds tanpa ada yang mau meninggalkannya. Kendati demikian Imam Al Ghazali juga mengakui bahwa shalat sunnah mutlak di bulan rajab ini, dalilnya tidak sekuat shalat tarawih, idul adha, idul fitri dan yang lainnya.

Bagi kalian yang ingin melaksanakannya silahkan untuk di pelajari tata cara shalat rajab di atas termasuk juga bacaan wiridnya setelah sholat, semoga semua hajat bisa terkabul. Dari kami yang fakir akan ilmu, mohon maaf apabila ada kekurangan, semoga bermanfaat dan bisa di pahami dengan baik.