Malam Nisfu Sya'ban 2022 1443 H Jatuh Pada Hari Tanggal Berapa

Nisfu Sya'ban 2022 Jatuh Pada Tanggal - Dalam islam setiap bulan memiliki makna tersendiri dan menyimpan kebaikan, apabila di isi dengan ibadah yang sudah di perintahkan baik oleh allah swt atau rasul saw. Bulan sya'ban adalah satu contohnya, dimana pada bulan ini di anjurkan untuk puasa sunnah dan amalan lainnya.

Sya'ban sendiri menjadi bulan ke delapan dalam kalender hijriyah yang berada diantara rajab dan ramadhan, artinya bulan sya'ban ini di himpit dengan dua bulan mulia, sehingga sering di lupakan oleh kebanyakannya. Padahal sya'ban ini termasuk bulan istimewa, terlihat dari puasa nisfu sya'ban yang selalu di kerjakan oleh sebagian besar umat islam.

Selain di anjurkan untuk lebih meningkatkan amalan-amalan sunnah, pada bulan sya'ban juga terdapat salah satu waktu yang istimewa yaitu malam nisfu sya'ban. Nisfu artinya pertangah, sedangkan sya'ban adalah bulan sya'ban. jadi yang di maksud dengan nisfu syaban yaitu pertengahan bulan atau bertepetan dengan malam tanggal 15.

Malam Nisfu Sya'ban 2022 1443 H Jatuh Pada Hari Tanggal Berapa



Malam nisfu sya'ban merupakan malam pengampunan, sebagaimana dalam sebuah riwayat dari HR Al-Baihaqi menjelaskan bahwa rahmat allah swt turun kebumi pada malam tersebut dan mengampuni semua dosa terkecuali dosa musyrik dan dosa orang yang di dalam hatinya masih menyimpan kebencian atau kemunafikan.

Dengan keagungannya nisfu sya'ban sebagai malam pengampunan dosa, maka umat muslim di perintahkan untuk menghidupkan malam tersebut dengan memperbanyak amalan-amalan seperti brdzikir, beristighfar, bersholawat, sholat sunnah, memperbanyak bacaan al-qur'an, surat yasin, berdoa dan lain sebagainya.

Lalu kapan malam nisfu sya'ban datang untuk tahun ini?. Melihat dari penanggalan kalender hijriyah tahun ini, Maka "Malam Nisfu Sya'ban 1443 H Jatuh Pada Hari Jum'at Tanggal 18 Maret 2022 M" Jadi mulai pukul 18:00 hari kamis sudah memasuki tanggal 15 bulan sya'ban atau yang di sebut dengan nisfu sya'ban.

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya, “(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

Beberapa pesan dari penulis, mari kita sama-sama jadikan bulan sya'ban yang penuh dengan berkah ini sebagai waktu untuk meningkatkan ibadah dan mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan agung yaitu ramadhan dengan cara mulai berpuasa sunnah sejak awal bulan sya'ban, agar nanti ketika masuk ramadhan sudah memiliki mental kuat.

Semoga informasi tentang nisfu sya'ban 2022 jatuh pada tanggal berapa ini bermanfaat, dan perlu di pahami juga bahwa mengetahui penanggalan hijriyah sangat penting sekali bahkan bagi beberapa ibadah mengetahui waktu ini menjadi salah satu syarat sah, misalnya dalam berpuasa.