Bacaan Doa Baca Yasin 3 Kali Malam Nisfu Sya'ban Singkat Lengkap

Doa Nisfu Syaban - Sebelum masuk pada bulan ramadhan, umat muslim akan di pertemukan terlebih dahulu dengan bulan sya'ban, yang merupakan urutan bulan ke delapan dalam penanggalan kalender hijriyah. Datangnya bulan sya'ban menjadi kabar gembira, karena selain memiliki keutamaan, juga menjadi tanda sebentar lagi masuk bulan agung.

Di antara salah satu perintah amalan yang di sunnahkan dalam bulan sya'ban yaitu puasa, sebagaimana ibadah yang satu ini paling sering di lakukan oleh Nabi saw. Mengenai puasa nisfu sya'ban ini memiliki banyak sekali keutamaan, juga bisa menjadi salah satu sarana untuk mempersiapkan diri dalam menyambut bulan ramadhan.

Selain di anjurkan untuk berpuasa, pada bulan sya'ban juga terdapat waktu utama yang tidak boleh di biarkan berlalu begitu saja yaitu malam nisfu sya'ban atau pertengahan (tanggal 15) bulan syaban. Malam ini di kenal dengan malam pengampunan, di mana allah swt mengampuni setiap dosa kecuali musyrik dan permusuhan.

Bacaan Doa Baca Yasin 3 Kali Malam Nisfu Sya'ban Singkat Lengkap

Dalam salah satu hadits riwayat Ibnu Majah, At Thabrani di jelaskan.

إن الله ليطلع ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن

“Sesungguhnya Allah melihat (seluruh makhluk-Nya) pada malam pertengahan Sya’ban. Maka Dia mengampuni semua makhluknya, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.” (HR. Ibnu Majah, At Thabrani).

mengenai fadilah malam nisfu sya'ban ini, telah di akui oleh banyak ulama dari kalangan madzhab syafi'i dan juga maliki, juga di akui oleh kalangan Ibnu Taimiyah dari madzhab Hanbali. Karena banyaknya hadits yang menjelaskan tentang hal-hal yang berhubungan dengan masalah ini, serta dibenarkan juga oleh berbagai riwayat dari para sahabat dan tabiin.

Adapun amalan-amalan yang sering di kerjakan oleh para ulama ketika datang malam nisfu sya'ban yaitu membaca surat yasin sebanyak 3X yang di bacakan sesudah selesai sholat sunnah ba'diah maghrib. Dari ketiga kali membaca yasin tersebut, di sertai dengan niat-niat tertentu, yaitu.

1. Niat Membaca Yasin Pertama

Bacaan yang pertama di niatkan untuk memohon umur panjang yang berkah dan bermanfaat dengan wasilah bacaan surat yasin tersebut.

2. Niat Membaca Yasin Kedua

Untuk niat bacaan yasin kedua yaitu di niatkan memohon ampunan dari segala dosa, serta memohon perlindungan dari allah saw dari segala kerusakan, musibah dan penyakit, serta dikabulkan semua hajat dengan berkahnya bacaan yasin.

3. Niat Membaca Yasin Ketiga

Bacaan surat yasin yang ketiga yaitu di niatkan untuk memohon kecukupan dalam mengarungi kehidupan baik dari sisi ekonomi atau yang lainnya, juga di tetapkan dalam iman dan islam hingga akhir hayat, agar ketika meninggal khusnul khatimah.

Setelah selesai membaca yasin sebanyak 3 kali, jangan lupa untuk membaca doa.

Doa Nisfu Sya'ban

اَللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ ياَ ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَ اَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ . اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَ حِرْمَانِي وَ طَرْدِي وَ اِقْتَارَ رِزْقِي وَ اَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ. اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَ مَا لا اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ . اَمِيْنَ

Allahumma yaa dzal manni walaa yumannu alaika yaa dzal jalaali wal ikraam, yaa dzath thauli wal in aam, laa ilaaha illaa anta, dhahrul laajiin, wa jaarul mustajiiriin, wa amaanul khaa ifiin, Allahumma in kunta katabta nii indaka fii ummil kitaabi syaqiyyan aw mahruuman aw mathruudan awa muqtarran alayya fir rizqi, famhullaa humma bi fadllika syaqaawatii wa hirmaani wa thardii waq titaari rizqii wa ats-bitnii indaka fii ummil kitaabi saiidan marzuuqan muwaffaqallil khairaat. Fa innaka qulta wa qauluka haqqu fii kitaabikal munazzali alaa nabiyyikal mursali, yamhul laahumaa yasyaa u wa yutsbitu wa indahuu ummul kitaab. Illahii bittajallil aadhami fii lailatin nishfi min syahri syabaanil mukarramil latii yurfaqu fiihaa kullu amrin hakim wa yubram, ishrif anni minal balaa I maa alamu wa maa laa alam wa anta allamul ghuyuubi birahmatika yaa arhamar raahimin. wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammad wa alâ âlihî wa shahbihî wa sallama. Amiin

Artinya : Ya Allah, Dzat Pemilik anugrah, bukan penerima anugrah. Wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan. Wahai dzat yang memiliki kekuasaan dan kenikmatan. Tiada Tuhan selain Engkau: Engkaulah penolong para pengungsi, pelindung para pencari perlindungan, pemberi keamanan bagi yang ketakutan. Ya Allah, jika Engkau telah menulis aku di sisi-Mu di dalam Ummul Kitab sebagai orang yang celaka atau terhalang atau tertolak atau sempit rezeki, maka hapuskanlah, wahai Allah, dengan anugrahMu, dari Ummul Kitab akan celakaku, terhalangku, tertolakku dan kesempitanku dalam rezeki, dan tetapkanlah aku di sisi-Mu, dalam Ummul Kitab, sebagai orang yang beruntung, luas rezeki dan memperoleh taufik dalam melakukan kebajikan. Sunguh Engkau telah berfirman dan firman-Mu pasti benar, di dalam Kitab Suci-Mu yang telah Engkau turunkan dengan lisan nabi-Mu yang terutus: “Allah menghapus apa yang dikehendaki dan menetapkan apa yang dikehendaki-Nya dan di sisi Allah terdapat Ummul Kitab.” Wahai Tuhanku, demi keagungan yang tampak di malam pertengahan bulan Sya’ban nan mulia, saat dipisahkan (dijelaskan, dirinci) segala urusan yang ditetapkan dan yang dihapuskan, hapuskanlah dariku bencana, baik yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui. Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala sesuatu yang tersembunyi, demi RahmatMu wahai Tuhan Yang Maha Mengasihi. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat beliau. Amin.

Membaca surat yasin beserta niat-niatnya pada malam nisfu sya'ban, merupakan hasil dari ijtihad sebagian ulama di antaranya seperti Syeikh Al Buni dan hal ini bukan amalan yang buruk, dan sampai saat ini masih terus di amlakan oleh kebanyakan umat muslim terutama yang ada di indonesia.

Itulah sekilas tertang pembahasan mengenai doa nisfu sya'ban dan juga bacaan niat baca yasin 3 kali. Semoga dengan ada tulisan ini, kita semua dapat memanfaatkan sisa umur dengan selalu mengamalkan hal-hal yang baikterutama beribadah salah satunya dengan rutin membaca al-quran dan lain sebagainya.