Doa menyambut Saat Masuk Awal Bulan Rajab Latin Dan Artinya

Doa Bulan Rajab - Hanya dalam hitungan hari umat muslim akan di pertemukan kembali dengan bulan rajab, tentunya akan merasa gembira karena rajab ini termasuk bulan mulia. Allah swt memilih bulan rajab menjadi waktu terjadinya peristiwa agung berupa isra dan mi'raj baginda nabi saw, ini juga menjadi bukti bahwa bulan rajab begitu istimewa.

Rajab juga termasuk bulan yang harus di isi dengan ibadah-ibadah sunnah, karena setiap amalan yang di lakukan, bernilai pahala yang cukup tinggi. Beberapa amalan yang bisa di kerjakan seperti berdoa, memperbanyak istighfar, membaca tasbih dan puasa sunnah, seperti yang telah kami bahas tentang niat puasa rajab agar bisa di hafalkan.

Sebagaimana telah di jelaskan dalam beberapa hadits dan al-qur'an, bahwa setidaknya ada empat bulan haram atau mulia dalam agama islam yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Di namakan dengan bulan mulia, karena dalam sejarah pada bulan-bulan tersebut umat islam dilarang untuk melakukan peperangan dan berbuat zalim.


Doa menyambut Saat Masuk Awal Bulan Rajab Latin Dan Artinya


Selain amalan puasa, berdzikir, bertasbih dan yang lainnya, pada bulan rajab juga di anjurkan untuk memperbanyak doa, sebagaimana rasullullah saw pernah mencontohkan sebuah doa, yang mana doa tersebut bertujuan agar umur atau usia bisa sampai pada bulan ramadhan, bunyi doanya yaitu sebagai berikut.

Doa Bulan Rajab

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ

Artinya: Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.

Doa tersebut bersumber dari salah satu Hadits Riwayat Imam Al-Baihaqi dalam kitab Syuab Al-Iman, dari Anas bin Malik, yang mengatakan: 

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ، قَالَ: اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ، وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Artinya: "Ketika Nabi Muhammad SAW memasuki bulan Rajab, beliau mengucapkan, Allahumma barik lana fi rajaba wa syabana wa ballighna Ramadhana".

Isi dari doa dapat dengan mudah di pahami, bahwa beisi sebuah permohonan agar usia bisa sampai pada bulan ramadhan, karena ramadhan adalah bulan paling mulia dibanding 11 bulan lainnya. Juga bisa menjadi isyarat bagi umat muslim agar menjadikan rajab ini sebagai sarana persiapan diri untuk menyambut bulan ramadhan, dengan cara lebih meningkatkan ibadahnya.

Semoga pembahasan kali ini bisa di pahami dengan baik dan bermanfaat, serta para pembaca semua mudah-mudahan selalu di berikan kesehatan, rezeki melimpah dan keberkahan usia. Itulah doa bulan rajab sya'ban dan ramadhan beserta artinya, silahkan di baca dengan baik agar bisa di amalkan sejak masuk tanggal 1 rajab.