Bacaan Doa Berbuka Puasa Allahuma Lakasumtu Dan Makan Sahur Artinya

Bacaan Doa Berbuka Puasa Allahuma Lakasumtu Dan Makan Sahur Artinya - Ramadhan menjadi bulan kemenangan bagi umat islam, karena mereka akan meraih banyak keberkahan dan kebaikan berlipat ganda yang nyaris tidak ada dibulan lain. Puasa sebulan penuh, adanya malam lailatul qadar yang di ibaratkan seribu bulan, shalat tarawih, menjadi beberapa gambaran bahwa ramadhan termasuk bulan agung yang di unggulkan.

Selama bulan ramadhan tidak hanya sebatas di wajibkan untuk berpuasa menahan diri dari rasa lapar dan haus, akan tetapi banyak sekali ladang ibadah yang bisa memberikan nilai pahala besar serta memimiliki tingkatan sunnah yang di anjurkan, salah satunya seperti melakukan berbuka puasa pada waktu yang sudah di tentukan yaitu setelah adzan maghrib berkumandang.

Jika melihat secara sepintas, aktivitas berbuka puasa ini sama sekali tidak ada perbedaan seperti saat makan pada umumnya yaitu minum air putih, makan nasi atau memakan pelengkap lain. Akan tetapi pada bulan ramadhan makan saat buka menjadi nilai ibadah yang berpahala, bahkan melakukannya di anjurkan untuk disegerakan tidak boleh ditunda-tunda.

Bacaan Doa Niat Berbuka Puasa Latin Dan Artinya Yang Benar Sesuai Sunnah

Perihal buka puasa ini terdapat anjuran yang tidak boleh di tinggalkan begitu saja yaitu melafadzkan doa berbuka puasa, jika biasanya makan selalu di sertai dengan doa makan akan tetapi pada buka puasa ini ada hafalan khusus yang memang harus di pahami betul agar benar-benar bisa diamalkan dengan baik saat berbuka puasa, dan mari simak ulasannya.

DOA BERBUKA PUASA

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

Allâhumma laka shumtu wa ‘alâ rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘urûqu wa tsabatal ajru insyâ-allâh ta‘âlâ

Artinya, “Ya Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.”

Terkait bacaan doa berbuka puasa ini ada banyak versi yang umum di amalkan, sedangkan untuk doa di atas di ambil dari beberapa hadits nabi seperti yang telah di riwayatkan dari abu daud dan sahabat Mu’adz bin Zuhrah. Dan alangkah baiknya jika doa ini bernar-benar bisa di amalkan saat berbuka agar keberkahan bisa selalu menyertai amal ibadah yang di lakukan, karena buka puasa tidak hanya sekedar makan saja tetapi di dalamnya berisi nilai ibadah.

DOA MAKAN SAHUR

Selain berbuka puasa, makan sahur juga menjadi sebuah aktivitas penting bagi orang yang hendak melaksanakan puasa serta hukumnya sunnah. Waktu makan sahur yaitu beberapa saat sebelum masuk di mulainya berpuasa. Misalnya kebiasaan orang indonesia jika awal berpuasa pukul 4:30 akhir malam maka kita bisa melaksanakan sahur sekitar pukul 4:00 atau pukul 3:30.

Pelaksanakan makan sahur ini sunnah untuk di akhirkan, artinya bukan berarti beberapa detik menjelang berpuasa, akan tetapi lebih baik jika menjelang berpuasa di banding makan sahur pada tengah malam atau sebelum tidur. Karena pada waktu sahur ada keberkahan yang tidak bisa di temukan pada waktu-waktu lain.

Hikmah atau manfaat yang bisa di dapatkan ketika sahur di akhirkan di antaranya yaitu, setelah selesai makan, kita bisa melaksanakan ibadah lain seperti sholat sunnah dan membaca al-qur'an sambil menunggu datangnya waktu subuh. Selain itu kita juga bisa berdoa, karena pada waktu sahur menjadi waktu yang baik untuk memanjatkan berbagai permohonan doa.

ketika sahur, selain makanan yang di santap harus baik dan bergizi agar menjadi kekuatan di siang hari, juga salah satu adab dalam bersahur adalah membaca doa. Dalam hal ini ada sebuah amalan doa yang pernah nabi contohkan ketika makan sahur, bacaannya yaitu:

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Yarhamullâhul mutasahhirîn.

Artinya, “Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.”

Doa ini di bacakan oleh baginda rasululloh saw ketika menyantap hidangan sahur, dan doa ini juga terdapat dalam sebuah hadits yang di riwayatkan oleh imam At-Thabarani, bahkan dalam hadits ini juga baginda rasul saw mengatakan bahwa sebaik-baiknya hidangan sahur adalah kurma, bunyi haditsnya yaitu.

وروي عن السائب بن يزيد رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم نعم السحور التمر وقال يرحم الله المتسحرين

Artinya, “Diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sebaik-baik hidangan sahur adalah kurma.” Rasulullah SAW lalu berdoa, ‘Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur,’” (HR At-Thabarani).

Sahabatku yang di berkahi allah, semoga amal ibadah puasa kita berjalan dengan lancar dan itulah seputar pembahasan dari bacaan doa niat berbuka puasa latin dan artinya yang benar baik untuk ramadhan, qadha, sunnah senin kamis, arafah tarwiyah, asyura tasu'a atau ayyamul bidh dan puasa lainnya. Semoga bisa mudah di pahami dan dapat di amalkan dengan baik saat berbuka.