Amalan Malam Nisfu Sya'ban Sesuai Sunnah

Amalan Nisfu Syaban - Sejalan dengan maknanya yang berarti sya'ban merupakan bulan kebaikan dan keberkahan, di mana pada bulan ini pintu ampunan di bukakan seluas-luasnya. Nabi saw mencontohkan sebuah amalan berupa puasa sunnah yang lebih banyak di lakukan pada bulan sya'ban jika di banding dengan bulan lainnya, selain ramadhan tentunya.

Kemuliaan bulan sya'ban juga tidak hanya sebatas dengan di perintahkannya untuk berpuasa, sebagaimana pembahasan niat puasa nisfu sya'ban telah kami bahas sebelumnya. Akan tetapi juga pada bulan ini terdapat waktu utama yaitu malam nisfu sya'ban atau bertepatan dengan tanggal 15 bulan tersebut.

Ketika memasuki malam nisfu sya'ban di anjurkan untuk menghidupkannya dengan cara memperbanyak amalan-amalan baik. Karena pada malam itu terdapat banyak kemuliaan, dimana allah swt akan menganpuni dosa orang-orang yang meminta pengampunan, mengabulkan doanya, melapangkan penderitaan orang yang sedang susah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Amalan Malam Nisfu Sya ban Sesuai Sunnah

Mengenai apa saja amalan yang di anjurkan pada malam nisfu sya'ban sebenarnya banyak sekali, bahkan para ulama menganjurkan juga untuk berdoa dimalam nisfu sya'ban, membaca surat yasin tiga kali dengan niat khusus dan banyak lagi. Akan tetapi ada tiga amalan sunnah yang sebaiknya tidak di abaikan pada malam nisfu sya'ban, yaitu.

1. Memperbanyak Membaca Doa

Doa merupakan salah satu amalan yang sangat baik di lakukan kapan dan di manapun, terlebih lagi pada waktu-waktu istimewa. Bahkan segala sesuatu yang di sertai dengan doa baik sebelumnya atau sesudahnya, sehingga doa juga sering disebut-sebut sebagai senjatanya umat islam.

Apalagi dimalam nisfu sya'ban yang termasuk malam penuh kemuliaan, dimana orang-orang yang berdoa pada malam tersebut akan lebih dekat di kabulnya oleh swt. Berdoa di malam nisfu sya'ban, terdapat dalam salah satu hadits riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda.

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya, “(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

2. Memperbanyak Bacaan Dua Kalimat Syahadat

Dua kalimat syahadat tidak hanya sebatas menjadi syarat utama ketika seseorang akan memeluk islam, tetapi juga sangat baik untuk di amalkan sehari-hari seperti dijadikan kalimat wiridz. Sayyid Muhammad bin Alawi mengatakan, seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dengan memperbanyak bacaan dua kalimat syahadat.

3. Memperbanyak bacaan istighfar

Istighfar menjadi salah satu kalimat mulia yang berisi permohonan pengampunan dosa dan dianjurkan untuk selalu di baca sebagai wiridz harian, karena bagaimana pun manusia termasuk makhluk yang tidak akan luput dari yang namanya dosa. Terlebih lagi sangat tepat jika bacaan sayidul istighfar lebih di perbanyak bacaannya pada malam nisfu sya'ban.

Selain ketiga amalan di atas, masih banyak lagi amalan lain yang senantiasa harus di amalakan pada malam nisfu sya'ban salah satunya seperti shalat tasbih. Semoga saja amalan nisfu sya'ban ini bermanfaat serta bisa di amalkan dengan baik pada waktunya, dan mari hidupkan malam ini dengan memperbanyak amalan sunnah.