Kautamaan Amalan-Amalan Di Bulan Rajab Sesuai Sunnah

Amalan Bulan Rajab - Terhitung ada dua belas bulan dalam kalender hijriyah yang bisa di jadikan sebagai acuan untuk menentukan penanggalan, karena bagaimanapun bagi umat muslim, mengetahui hal ini sangat penting sekali sebab berhubungan dengan pelaksanaan ibadah seperti puasa rajab atau amalan lainnya.

Dalam hitungan kalender islam, Rajab sendiri berada pada urutan bulan ketujuh setelah Jumadil-Akhirah dan sebelum Sya'ban serta hanya terhalang satu bulan dengan ramadhan. Keistimewaan bulan rajab tercantum dalam Al-Qur'an surat attaubat ayat 36 yang menyatakan bahwa rajab tetrmasuk asyhurul hurum.

Yang di maksud dengan ayat tersebut menjelaskan bahwa bilangan bulan ada dua belas dan emap bulan diantaranya yaitu Dzulqaidah, Dzulhijjah, muharram dan rajab. Asyhurul hurum atau bulan haram dalam artian bulan yang di muliakan, dimana pada saat itu dilarang untuk berbuat dzolim dan peperangan.


Kautamaan Amalan-Amalan Di Bulan Rajab Sesuai Sunnah


Keutamaan bulan rajab juga terbukti dengan adanya peristiwa penting bagi seluruh umat muslim, yaitu terjadinya Isra dan Mi'raj baginda nabi SAW dari masjidil haram ke sidratulmuntaha, yang bertepatan dengan tanggal 27 bulan rajab dan menjadi awal diwajibkannya sholat lima waktu.

Dengan banyaknya keitimewaan dan keutamaan bulan rajab maka terdapat juga berbagai keterangan bahkan anjuran para ulama untuk mengisinya dengan amalan-amalan dibulan rajab, sebab jika melakukan sesuatu yang baik di bulan ini akan diberikan pahala lebih tinggi seperti salah satunya dengan mengerjakan puasa sunnah.

Ada banyak sekali yang bisa di kerjakan sebagai amal kebaikan pada bulan rajab, tentunya bisa dilakukan oleh semua umat muslim guna berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala besar dan keutamaan dari bulan mulia ini. Apa saja amalan tersebut, mari simak dengan baik agar bisa lebih bermanfaat.

1. Puasa Bulan Rajab

Puasa di bulan rajab menjadi salah satu amalan penting yang tidak boleh ditinggalkan, sebab dengan berpuasa maka seorang hamba akan lebih di cintai oleh allah swt dan segala doanya cepat terkabul. Hukum puasa rajab tentunya boleh karena asal hukum dari ibadah ini adalah sunnah selain ramadhan dan beberapa puasa wajib lainnya selama tidak dikerjakan pada waktu yang telah di haramkan.

Tidak ada larangan atau anjuran khusus untuk melaksanakan puasa rajab, namun meski demikian ada banyak hadits dhoif yang menjelaskan perintah dan keutamaan puasa rajab. Dalam hal menanggapi kedudukan hadits, para ulama sepakat boleh mengamalkan hadits dhoif selama untuk fadhailul ‘a'mal seperti puasa dan berdoa.

2. Doa Bulan Rajab

Amalan lain yang bisa di dawamkan selama bulan rajab yaitu membacakan doa "Allahumma b├órik lana fi rajaba wasya‘bina waballighni ramadhana" Duhai Allah Berkahilah Kami Pada Bulan Rajab Dan Sya'ban Dan Pertemukanlah Kami Dengan Bulan Ramadhan. Ini adalah salah satu bunyi doa yang banyak di amalkan oleh kalangan umat muslim saat memasuki bulan rajab.

3. Sedekah Di Bulan Rajab

Memberikan sedikit harta dengan ikhlas kepada orang yang membutuhkan adalah anjuran nyata bagi setiap muslim dan didalamnya tersimpan kebaikan luar bisa terutama tingginya pahala yang akan di dapatkan. Namun jika sedekah tersebut dilakukan pada bulan rajab, maka pahalanya berlipat ganda, sebagaimana dalam bunyi hadits.

"Barang siapa yang melonggarkan satu beban kehidupan sesama saudara mu’min di bulan Rajab, Allah akan membangunkan istana untuknya di surga Firdaus yang luasnya sejauh pandangan matanya. Karena itu, muliakanlah bulan Rajab, maka Allah akan memuliakanmu dengan seribu kemuliaan. (HR. At-Tirmidzi)"

Ada banyak sekali amalan bulan rajab selain ketiga pembahasan di atas misalnya memperbanyak istighfar, berdzikir, sholawat nabi, sholat sunnah dan yang lainnya. Apabila rajab sudah tiba jangan lupa sambut gembira dengan cara meningkatkan amal kebaikan seperti yang sudah di bahas.