Puasa Sunnah Awal 1 Bulan Rajab 2022 1443 H Jatuh Pada Tanggal Berapa

Bulan Rajab 2022 Jatuh Pada Tanggal - Mengetahui secara pasti penanggalan kalender hijriyah bagi semua umat muslim, sangat penting sekali. Ada banyak jenis ibadah baik itu yang memiliki hukum wajib atau sunnah, berhubungan langsung dengan waktu pelaksanaan seperti di antaranya puasa ramadhan, tasu'a, asyura, arafah dan rajab.

Misalnya contoh kategori ibadah puasa  di atas, maka mengetahui tanggal pelaksanaan menjadi syarat sah selain niat puasa rajab dan yang lainnya. Oleh sebab itu para ahli rukyatul hilal atau hisab, selalu melakukan penelitian setiap tahun atau bahkan awal bulan, tujuannya tidak hanya untuk menentukan tanggal, tetapi juga agar umat muslim bisa beribadah sesuai waktunya.

Begitu juga tidak kalah pentingnya mengetahui awal 1 rajab 2022 jatuh pada tanggal berapa, karena bulan ini memiliki keitimewaan dan juga peristiwa besar berupa isra dan mi'raj Nabi Saw, yang mana sejarah tersebut tidak boleh dilupakan umat muslim, selain itu ada banyak sekali amalan yang di anjurkan pada bulan rajab seperti puasa sunnah.


Bulan Rajab 2022 1443 H Jatuh Pada Tanggal


Untuk mengetahui penanggalan tahun hijriyah, sekarang sudah sangat mudah sekali, sebab pihak kemenag RI tidak hanya sudah menyebarkan dalam bentuk kalender ke masyarakat secara langsung, tetapi juga kalender hijriyah bisa di akses secara online melalui situs-situs resmi kementrian agama atau instansi-instansi yang berhubungan.

Melihat dari kalender yang sudah beredar tersebut maka untuk Tanggal 1 Rajab 1443 H Jatuh Pada Hari Rabu 2 Februari 2022 M. Dan perlu di ketahui bahwa antara bulan rajab dan ramadhan hanya terpaut 1 bulan yaitu sya'ban, maka dari itu jadikanlah rajab sebagai momen untuk mempersiapkan diri untuk menyambut bulan paling agung.

Tidaklah seorang muslim ingin mengetahui awal masuknya bulan rajab, jika tidak memiliki niat untuk emningkatkan ibadah pada bulan ini, karena tidak dapat di pungkiri bahwa rajab ini termasuk bulan mulia, dimana segala amal kebaikan misalnya puasa sunnah, shadaqah dan yang lainnya akan bernilai pahala lebih tinggi.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. At Taubah: 36)

Semoga dengan hadirnya artikel ini yang membahas tentang puasa sunnah awal 1 bulan rajab 2022 jatuh pada tanggal bisa lebih memberikan manfaat dan para pembeca semua bisa menyambut bulan ini sebaik mungkin dengan cara meningkatkan amalan-amalan sunnah. Dan jadikan bulan rajab, sebagai momen berharga untuk meningkatkan ibadah.