Lafadz Tata Cara Bacaan Doa Dalam Sujud Sahwi Latin Dan Artinya

Apa itu sujud sahwi ? adalah Berasal dari 2 kata yaitu sujud dan sahwi, asal kata di ambil dari bahasa arab sujud artinya menundukan kepala ke tempat yang lebih rendah yang menisyaratkan ketaatan atau ketundukan diri kepada sang maha kuasa. Sedangkan sahwi artinya lupa melakukan sesatu atau meninggalkan sebuah pekerjaan dengan tidak sengaja seperti ketika sholat terkadang seseorang lupa tida mengerjakan sebuah rukun atau pekerjaan sunnah. Jadi dapat di pahami bahwa sujud sahwi merupakan pekerjaan yang di lakukan dengan sebab lupa.

Dalam pengertian sujud sahwi di atas dapat di mengerti bahwa sujud sahwi boleh dilakukan jika ada sebab lupa tidak mengerjakan sesuatu dalam sholat. Jika tidak ada yang lupa atau sholatnya di lakukan secara sempurna maka tidak ada sujud sahwi, namun sebab tersebut di kategorikan berdasarkan tingkatan pekerjaan dalam sholat yaitu Meningalkan sunnah ‘Ab’ad atau bagian sunnah Ab’ad, Melakukan sesuatu, yang jika disengaja membatalkan shalat, tetapi tidak disengaja maka tidak batal, Melakukan rukun Qauliy (bacaan) bukan pada tempatnya, Menambah rukun Fi’liy (perbuatan) yang disertai adanya keraguan.

Sehingga apabila ingin mengetahui kategori lupa yang di haruskan untuk melakukan sujud sahwi ini harus memahami seputar sebab-sebab di atas, yang mana pembahasan tersebut telah kami bahas pada halaman lain secara lengkap. Termasuk juga pembahasan seputar bacaan lain misalnya ayat kursi dan beberapa pembahasan tentang sholat sunnah serta puasa. Sedangkan dalam artikel ini hanya akan memberikan ulasan seputar bacaan doa dalam sujud sahwi dan tata caranya.

Lafadz Tata Cara Bacaan Doa Dalam Sujud Sahwi Latin Dan Artinya

Di dalam sujud sahwi tidak bisa di lakukan secara sembarangan, harus memakai tata cara yang baik dan benar sebab selain dari bagian ibadah sholat juga memiliki hukum sunnah di kerjakan apabila sebab-sebab sujud sahwi terpenuhi. Termasuk hal penting memahami seputar pembahasan sujud sahwi ini sebab tidak menutup kemungkinan suatu saat tiba rasa lupa ketika sholat, silahkan lihat di bawah ini dengan cermat.

Tata Cara Sujud Sahwi

Mengerjakan sujud sahwi sama dengan sujud sholat pada umumnya dengan sebanyak 2 kali di lakukan, tidak syah apabila sujud sahwi hanya di lakukan 1 kali sujud saja. Adapun mengenai penempatan di lakukannya sujud sahwi ini yaitu sebelum salam, tetapi ada juga yang berdapat sujud sahwi ini di kerjakan sesudah salam. Tata cara sujud sahwi di lakukan dua kali sujud sebelum salam, dengan duduk di antara 2 sujud. Dan ketika sujud sahwi membaca doa.

Bacaan Doa Dalam Sujud Sahwi

سُبْحاَنَ مَنْ لاَيَناَمُ وَلاَيَسْهُ

Subhaana man Laayanaamu Walaayashu

Artinya : Maha suci Dzat yang tidak pernah tidur dan lupa.

Hadits Tentang Sujud Sahwi

إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ أَنْسَى كَمَا تَنْسَوْنَ فَإِذَا نَسِيتُ فَذَكِّرُونِى؛ وَإِذَا شَكَّ أَحَدُكُمْ فِى صَلاَتِهِ فَلْيَتَحَرَّ الصَّوَابَ فَلْيُتِمَّ عَلَيْهِ ثُمَّ لْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ

Artinya : Saya hanyalah manusia biasa. Saya bisa lupa sebagaimana kalian lupa. Jika saya lupa, ingatkanlah aku. Jika kalian ragu tentang jumlah rakaat shalat kalian, pilih yang paling meyakinkan, dan selesaikan shalatnya. Kemudian lakukan sujud sahwi. (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam pembahasan mengenai sujud sahwi sangat banyak sekali yang harus di pahami, bahkan apabila harus di uraikan secara detail tidak akan cukup dengan hanyasatu halaman seperti ini karena uraian yang berkaitan di dalam sujud sahwi ini begitu luas sekali. Maka dari itu jangan tanggung-tanggung belajar dan silahkan cari lagi pembahasan sama yang masih berkaitan dengan lafadz tata cara bacaan doa dalam sujud sahwi latin dan artinya, cara melakukan dan terjemahannya, tilawah, di lakukan sebanyak, kapan sebab dan lain sebagainya.