Bacaan Doa Niat Mandi Sunnah Keramas Adus Hari Raya Idul Fitri Dan Idul Adha

Bacaan Doa Niat Mandi Keramas Hari Raya Idul Fitri Dan Idul Adha - Mandi sunnah hari raya adalah sebuah amalan yang tidak boleh di lewatkan oleh setiap mualim menjelang idul fitri dan idul adha, sebaiknya mandi sunnah ini di kerjakan sejak malam atau menjelang dilaksankannya sholat ied. Selain menjadi sebuah anjuran, mandi hari raya ini juga memiliki manfaat bagi para pelakunya, seperti tubuh akan menjadi segar sehingga bergairah menyambut hari raya terutama akan semangat dalam menjalankan ibadah sholat sunnah idul fitri. Mandi idul fitri dan idul adha adalah sebuah aktivitas sunnah yang baik untuk di lakukan oleh setiap muslim sebelum melksanakan kedua sholat hari raya tersebut. Selain di anjurkan, tujuan lain dari mandi tersebut agar badan lebih segar sehingga menjalankan aktivitas pada hari tersebut terutama yang berkaitan dengan shalat ied bisa di kerjakan dengan khusus dan semangat, sehingga jangan meninggalkan mandi sunnah ini sebelum berangkat ke mesjid.

Sedikit kita bahas bagai mana keagungan dari idul fitri yang hanya datang satu tahun sekali, keberadaan hari raya ini menjadi suatu anugerah yang sangat besar bagi kalangan umat islam sebab mereka kembali lagi pada kesucian diri dan jiwa setalah selama sebulan lamanya melaksanakan kewajiban puasa. Sehingga tidak heran jika tidak sedikit dari mereka yang menyambutnya dengan rasa suka cita contohnya dengan saling mengirim ucapan idul fitri padahal hakikatnya harus merasa sedih karena bulan agung ramadhan akan meninggalkan kita.

Shalat ied idul fitri ini termasuk shalat di anjurkan oleh baginda rosul serta memiliki hukum sebagai sunnah muakad yang mana beliau sendiri tidak pernah meninggalkannya. karmaka dari itu alangkah baiknya jika sebagai umatnya yang baik, untuk tidak penah melalaikannya, karena tidak semata-mata rosul mencotohkan terhadap umatnya jika di dalamnya tidak memiliki hal yang istimewa.

Doa Tata Cara Niat Mandi Sunnah Idul Fitri Sebelum Shalat Ied Hari Raya

Di karenakan shalat ied idul fitri ini termasuk yang suatu yang sangat di anjurkan, alangkah baiknya jika melaksanakan juga dengan cara baik yaitu melaksanakan hal-hal yang di sunnahkan baik itu sebelum atau sesudah shalat ied, salah satunya adalah dengan melaksanakan mandi adus atau keramas sebelum melaksanakan shalat ied idul fitri, sebab aktivitas mandi ini di sunnahkankan pula. Yang mana jenis mandi seperti ini di anjurkan pula pada shalat lainnya seperti sebelum shalat ied idul adha, shalat jumat, hari arofahdan yang lainnya.

Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liyaumi 'iiedil fitri sun-natan lillahi ta'alaa

Artinya : Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Fitri Sunnah karena Allah Ta'ala

Dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh al-baihaqi "Dari ali bin abi tholib, Seseorang pernah bertanya kepada ali ra mengenai mandi, lalu beliau menjawab mandilah setiap hari jika kamu mau. orang tersebut bertanya lagi, bukan, maksudku manakah mandi yang di anjurkan.? ali menjawab, mandi pada hari idul fitri, idul adha, hari jum'at dan arofah".

Demikianlah pembahasan yang berkaitan dengan niat mandi idul fitri meskipun tidak begitu lengkap, tetapi mudah-mudahan bisa bermanfaat khusunya bagi yang membutuhkan. Jangan lupa untuk senantiasa mempelajari semua yang berkaitan dengan tata cara doa niat mandi sunnah keramas menjelang sholat hari raya idul fitri dan adha, sebelum puasa, menyambut bulan puasa, gerhana bulan, lebaran, latin dan lain sebagainya secara teliti.