Tata Cara Bacaan Doa Niat Sholat Ied Idul Fitri Dan Bacaannya

Tata Cara Bacaan Doa Niat Sholat Ied Idul Fitri Dan Bacaannya - Diantara salah satu sholat sunnah dengan peringkat lebih dianjurkan pelaksanaannya adalah pada hari raya idul fitri dan idul adha atau di sebut dengan sholat ied. Setiap muslim yang baligh baik laki-laki atau perempuan di anjurkan untuk melakukan sholat ini pada waktunya jika memang mereka tidak memiliki halangan khusus. Dengan begitu sudah tentu mengetahui niat sholat idul fitri juga harus di pahami lebih benar.

Sholat idul fitri ini termasuk pada ibadah tahunan yang hanya di kerjakan 1 kali dalam setahun yaitu sesudah selesai mengerjakan ibadah puasa ramadhan selama sebulan penuh, tepatnya pada tanggal 1 syawal di pagi hari dengan waktu sholat idul fitri setelah terbit fajar atau kira-kira biasanya antara pukul 06:00. Serta tempat pelaksanaanya di masjid atau jika tidak memuat alangkah baiknya apabila di tempat terbuka yang luas seperti lapangan dan semisalnya.

Mengeani tata cara sholat idul fitri ini, hampir sama sebagai mana sholat pada umumnya, yang membedakan yaitu adanya khutbah yang di lakukan setelah sholat ied selesai. Hukum khutbah ini adalah sunnah yang sangat di anjurkan, namun jika memang tidak sempat untuk di lakukan, sholat ied tetap sah. Meskipun sunnah alangkah baik jika khutbah ini d kerjakan, meskipun sholat idul fitri di kerjakan di rumah bersama keluarga,
Tata Cara Bacaan Doa Niat Sholat Ied Idul Fitri Dan Bacaannya

Serta yang membedakannya yaitu terletak juga pada bacaan sholat idul fitri yang mana setelah takhbirotul ihram melakukan takbir lagi sebanyak 7 kali pada rakaat pertama dan di antara takhbir tersebut membaca lafadz subhanalloh walhamdulillah wala ilaaha illalloh wallohuakhbar, begitu juga pada tiap takhbir rakaat kedua sevabyak 5 kali yang di lanjutkan membaca fatihah serta salah satu surat dari alquran. Hal yang paling penting lagi adalah membaca niat, yang harus di lafadzkan oleh makmum dan imam untuk bacaan niatnya yaitu :

Niat Sholat Idul Fitri untuk Makmum

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnata 'iidil fithri rok'ataini mustaqbilal qiblati ma'muman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Untuk Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnata 'iidil fithri rok'ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala

Niat ini di bacakan ketika takhbirotul ikhram yaitu saat kedua tangan di ankat, mulu mengucapkan takbir dalam hati menghadirkan niat, sedangkan pelafadzan niat sebelum takhbir hukumnya sunnah, bertujuan untuk memantapkan niat dalam hati ketika takhbir.

Demikianlah sedikit dari pembahasan mengenai tata cara sholat idul fitri secara lengkap. Semoga apa yang ada di dalam artikel ini bisa sedikit memberikan pengetahuan bagi yang belum hafal atau agar lebih benar-benar memahami silahkan cari informasi yang berkaitan dengan tata cara niat sholat ied idul fitri berapa rakaat lengkap beserta artinya doa setelah dan idul adha mandi pengertian video waktu hukumnya masjid istiqlal jakarta masjidil haram bacaannya bahasa indonesia.